Tiap tahun, sudah menjadi tradisi bagi saya untuk membagi list film favorit di tahun tersebut. Namun di tahun 2018, saya merasa agak sangsi untuk melakukannya. Di tahun tersebut, saya merasa kurang banyak dalam menonton film. Ada banyak film-film besar terlewat oleh saya dikarenakan kurang pasnya jadwal dan saya tidak terlalu banyak melakukan perjalanan ke daerah ber-bioskop seperti tahun-tahun sebelumnya (buat yang belum tahu, saya sekarang tinggal di daerah yang kebetulan sedang tidak ada bioskopnya. hehe). Itu pula yang menjadi penyebab kenapa blog film saya ini agak terbengkalai dalam beberapa bulan ke belakang (alasan!).

Tapi, demi menjaga tradisi baik (menurut saya), saya akan coba membagi list film favorit saya di tahun 2018. Yah, walau sudah telat seminggu lebih juga. Itu dikarenakan saya memberi injury time untuk catch up dengan beberapa judul yang belum sempat saya tonton sebelumnya. Jadi seminggu ke belakang ini saya cukup sibuk menonton. Yah, sebuah kesibukan yang saya tak akan keluhkan.

Okay, tanpa banyak cakap lagi; This is wanulk’s favourite movies of 2018*! 

*In alphabetical order

  1. A QUIET PLACE (John Krasinski)
    sinopsis-a-quiet-place-bertahan-hidup-d-24ec19
    Dari penulis skenario dan sutradara debutan John Krasinski, munculah salah satu thriller terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Inovatif dari segi ide maupun eksekusi, A Quiet Place mampu menjadikan ketiadaan (dalam hal ini, suara) sebagai terror yang sangat efektif.
  2. A STAR IS BORN (Bradley Cooper)
    s_1539238872-770x433
    Mendaur ulang kisah klasik yang sudah diceritakan berkali-kali, A Star Is Born versi terbaru ini bisa stand out dari beberapa pendahulunya lewat beberapa hal. Yang pertama, skrip cermat nan lugas dalam menuturkan cerita melankolis ini tanpa berlarut-larut menjadi sebuah melodrama berlebihan. Kedua, arahan dari Bradley Cooper sebagai sutradara yang sangat intense tapi juga sensitif dalam eksekusinya. Sebuah debut penyutradaraan yang apik. Ketiga, penampilan cemerlang dari kedua pemeran utamanya; dalam hal ini akting brilian dari Bradley Cooper yang diimbangi musikalitas Lady Gaga yang memukau sehingga memunculkan chemistry apik di antara keduanya. Oh, and the songs are pretty good too.
  3. ANNIHILATION (Alex Garland)
    annihilation-movie-poster-snippet-990x557
    A thought-provoking sci-fi we never knew we needed. Annihilation adalah sebuah film yang tak hanya brilian secara visual, juga cerdas secara penceritaan karena mampu memunculkan ide dan gagasannya lewat ambiguitas yang cermat dan elegan.
  4. AVENGERS INFINITY WAR (Joe & Anthony Russo)
    20180426131051332_1524741412_asset_still
    Tak hanya sekedar film superhero biasa, Avengers Infinity War adalah sebuah event besar film tahun 2018 yang berhasil memusnahkan semua keraguan dan memenuhi segala ekspektasi. Investasi 10 tahun yang berhasil dari Marvel.
  5. BLACKKKLANSMAN (Spike Lee)
    bk1
    Mengangkat tema sensitif isu rasial kemudian menjadikannya sebagai sebuah tontonan yang elegan, edukatif, tapi juga menarik dan menggelitik. Blackkklansman adalah satu lagi pembuktian akan kemampuan Spike Lee sebagai sutradara kawakan berkelas. Powerful.
  6. BURNING (Lee Chang-Dong)
    31124416_1931051090540476_4768088115799654400_n_zpsunapma3w
    Sebuah film yang mampu menangkap perhatian penonton dari awal secara perlahan, lalu membawanya ke sebuah perjalanan mencari petunjuk yang sangat menghanyutkan, dan diakhiri dengan destinasi konklusi yang menyambar tanpa aba-aba. It‘s a slow burn alright… but it’s burning all night.
  7. FIRST MAN (Damien Chazelle)
    firstman-mainstagemobile-5b1aa4a8adb93-1
    Sebuah pencapaian teknis sinematik brilian oleh Damien Chazelle yang menyelubungi sebuah biopik intimate & personal dari Neil Armstrong. Last year’s most overlooked & underrated masterpiece.
  8. HEREDITARY (Ari Aster)
    cover-film-hereditary-ist_ratio-16x9
    Hereditary adalah sebuah antitesis dari anggapan bahwa horror tak perlu memiliki dramatisasi dan pengkarakteran kuat. Hal-hal tersebutlah yang kemudian memberikan impact lebih menohok di bagian klimaksnya. Dan yang terpenting, it’s still creepy, unsettling, and disturbing.
  9. MISSION: IMPOSSIBLE – FALLOUT (Christopher McQuarrie)
    share
    Tak ada yang lebih menyenangkan selain melihat Tom Cruise breaking the stunt limits dalam seri franchise ini. Oh, skrip cermat dan penyutradaraan efektif dari McQuarrie juga yang menjadikan setiap momentum pengalaman sinematis terasa seru dan tepat sasaran. The best action blockbusters in years.
  10. ONE CUT OF THE DEAD (Shinichiro Ueda)
    one-cut-to-the-dead--1--wikipedia_ratio-16x9.jpg
    Sebuah hadiah kejutan dari Jepang yang berhasil menyajikan mashup genre zombie comedy paling berhasil dan kreatif sejak Shaun of The Dead. Funny, breathtaking, and heartwarming. A love letter to filmmaking and a real treat for movie enthusiast.
  11. ROMA (Alfonso Cuarón)
    maxresdefault
    Arthouse bersahaja yang terlihat mewah dan sama sekali tak terlihat pretentious. How? It’s Alfonso Cuarón with his most personal movie to date. What more can you say?
  12. SANJU (Rajkumar Hirani)
    dc-cover-4ch1jtmcbe0poqp4pheaefr8f0-20180424132635.medi
    Sebuah biopik larger than life tentang aktor kawakan nan kontroversial Bollywood, Sanjay Dutt, yang mungkin tak akurat secara faktual tapi sangat kuat secara emosional. Ada juga salah satu penampilan terbaik dari seorang aktor di tahun 2018 dalam diri Ranbir Kapoor. Brilian.
  13. SEARCHING (Aneesh Chaganty)
    sear2
    Bukan yang pertama dalam penggunaan platform penceritaannya, tapi mungkin menjadi salah satu yang paling efektif. Searching menonjol lewat struktur penceritaan yang baik, twist & turn yang organik, dan dramatisasi baik yang menjadi motor utama filmnya.
  14. SPIDER-MAN: INTO THE SPIDER-VERSE (Peter Ramsey, Robert Persichetti Jr, Rodney Rothman)
    spiderverseheaderVisual brilian, cerita solid, dan selera humor bagus yang membuat film panjang layar lebar kesekian dari si manusia laba-laba ini bisa menjadi yang terbaik di antara pendahulunya. Sebuah film animasi inovatif yang groundbreaking dan penting. Masterpiece.
  15. THE BALLAD OF BUSTER SCRUGGS (Joel & Ethan Coen)
    151259931_origSebuah antologi dari Coen bersaudara bertema Western dan bersetting di Wild Wild West. Terdapat 6 bagian cerita yang masing-masing memiliki karakter kuat yang dibenangmerahi oleh kejadian-kejadian berbungkus drama dan humor gelap. Khas Joel & Ethan Coen.