A Personal Memento from The First Man On The Moon

First Man adalah film panjang ketiga dari (arguably) sutradara muda paling berbakat dalam satu dekade terakhir, Damien Chazelle. Setelah kesuksesan Whiplash & La La Land, kali ini Chazelle mengadaptasi biografi perjalanan hidup orang pertama yang menginjakan kaki di Bulan, Neil Armstrong, yang ditulis oleh James R. Hansen. Filmnya berfokus pada masa-masa Armstrong di NASA sampai dengan misi historiknya ke Bulan lewat Apollo 11. Film ini juga dibintangi Ryan Gosling sebagai karakter tituler, yang sudah bekerja sama dengan Chazelle sebelumnya di La La Land.

Mengulik ceritanya dari perspektif terbatas Neil Armstrong, First Man melaju secara berhati-hati. Chazelle seolah sabar menuturkan ceritanya dan membiarkannya bekerja lewat visual dengan berbagai detail yang sangat cermat. Penuturan cerita yang dilakukan secara periodik menjaga keakuratan historisnya sebagai film berlatar belakang sejarah nyata. Penonton diajak melihat periode perkembangan misi politis AS untuk memenangkan Space Race dari Uni Soviet lewat kacamata perspektif Armstrong.

Tempo yang terasa lambat memang berpotensi akan menjadi membosankan bagi penonton awam yang mungkin sekedar mengharapkan aksi perjalanan antariksa menegangkan. Namun yang patut diingat, film ini utamanya merupakan biopik dari Neil Armstrong. Segala macam yang kita lalui dalam film ini pun melalui sudut pandang personalnya. Banyak durasi film berfokus ke seputar kisah kehidupan pribadinya serta pergolakan batinnya. Bahkan dari saat perjalanan antariksa pun semua divisualisasikan seperti kita sedang berada di posisi Armstrong, dan Chazelle mengeksekusinya dengan realistik namun tetap mampu menjaga ritmenya agar tetap menegangkan. Pendekatan yang dilakukan Chazelle itu membuat film ini terasa lebih personal dan intimate sebagai sebuah biopik. Penampilan kuat namun peka dari Ryan Gosling sebagai sang astronot legendaris yang rapuh ini pun menambah daya dorong film ini untuk melaju dengan baik.

Bisa jadi First Man memang bukan merupakan sebuah film bombastis yang mampu menarik perhatian penonton kebanyakan. Namun, kalau kalian mencari sebuah biopik bagus yang terasa peka dan kisah sejarah perjuangan umat manusia untuk menuju Bulan, ini lah filmnya.

Rating: ☆☆☆☆★